Oleh: Burhan | Juni 15, 2012

Terimakasih Pak Prof. M Nuh, telah berusaha Menurunkan Biaya Pendidikan Tinggi (Universitas)

Desakan Menteri Pendidikan M Nuh untuk menurunkan biaya pendidikan tinggi, akhirnya meluluhkan tiga perguruan tinggi besar di Bandung yakni UPI, ITB dan Unpad. Ketiganya pun sepakat untuk menurunkan biaya pendidikan khususnya jalur mandiri.

Rencananya Kemendiknas sendiri akan menganggarakan Rp 1,5 triliun untuk seluruh PTN yang berjumlah 73 PTN di seluruh Indonesia. Rencananya bantuan operasional ini dikucurkan pada APBN Perubahan 2012 (jpnn.com).

Tahun ini, UM menghapus biaya masuk atau uang gedung bagi calon mahasiswa baru. Kariyoto, Kabag Humas UM menjelaskan, penghapusan uang gedung ini, karena UM mendapat bantuan dari Dikti Perguruan Tinggi bernama Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri (BOPTN). Bantuan itulah, kata Kariyoto difungsikan untuk meringankan biaya kuliah mahasiswa (Tribunnews.com).

Di tengah tingginya uang masuk Fakultas Kedokteran (FK) ke berbagai perguruan tinggi negeri, Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) malah menerapkan biaya Rp 0. Hal ini sontak membuat masyarakat heran. Benarkah kebijakan tersebut?

“Iya dan itu tidak hanya berlaku di FK tetapi juga seluruh fakultas di Unsoed,” kata Pembantu Rektor II Unsoed Dr Eko Haryanto saat berbincang dengan detikcom, Kamis (14/6/2012).

Menurut Eko, kebijakan ini baru diterapkan untuk penerimaan mahasiswa baru 2012/2013. Dirinya mengakui jika Unsoed pernah menerapkan sumbangan lebih dari Rp 100 juta untuk bisa menjadi mahasiswa FK Unsoed. “Dulu memang ada pungutan seperti itu tapi sekarang tidak lagi,” ungkap Eko.

Dengan kebijakan tersebut, maka menjadi mahasiswa di Purwokerto, Jawa Tengah ini cukup membayar biaya ujian seleksi masuk. Setelah itu membayar uang semester dengan sistem flat dengan tidak ditarik uang iuran lainnya seperti iuran ospek, KKN bahkan hingga uang wisuda.

Seperti UKT Fakultas Ekonomi sebesar Rp 2,8 juta per semester, FISIP Rp 2,4 juta per semester dan Fakultas Peternakan sebesar Rp 3 juta per semester. Jika 8 semester sudah diwisuda, maka seorang mahasiswa dengan mengeluarkan Rp 24 juta sudah dapat menyandang gelar sarjana (detik.com).


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: