Oleh: Burhan | Desember 1, 2010

Asap Rokok Kandung 4.000 Zat Kimia Berbahaya

Yogyakarta (ANTARA) – Asap rokok mengandung lebih dari 4.000 zat kimia berbahaya seperti karbon monoksida, sianida, uap fosfor, uap senyawa belerang, dan uap hasil pembakaran zat tambahan, kata mantan Ketua Ikatan Dokter Indonesia Kartono Muhammad.

“Bahaya asap rokok 10 kali lebih besar daripada zat `ter` dalam rokok,” katanya pada lokakarya Menuju Kawasan Tanpa Rokok 100 Persen di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), di Asri Medical Center (AMC) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin.

Oleh karena itu, menurut dia, asap rokok lebih membahayakan perokok pasif daripada perokok aktif. Dalam asap rokok kadarnya beberapa kali lebih besar dibanding yang diserap oleh perokok aktif.

“Dalam satu batang rokok mengandung sekitar 1,5 persen nikotin. Endapan asap rokok yang berupa hasil pembakaran nikotin mudah melekat di benda-benda dalam ruangan, dan bisa bertahan sampai lebih dari tiga tahun, dan tetap berbahaya,” katanya.

Advisor Indonesia Institute Social for Development Sudibyo Markus mengatakan Indonesia merupakan konsumen rokok peringkat tiga terbesar di dunia setelah China dan India.

Menurut dia, sekitar 240 miliar batang rokok telah dihisap oleh 240 juta penduduk Indonesia. Tingginya jumlah perokok tersebut disebabkan masih rendahnya kesadaran mengenai bahaya nikotin dalam rokok.Selain itu, juga masih adanya anggapan di kalangan masyarakat bahwa rokok adalah warisan budaya. Anggapan tersebut membuat sebagian besar masyarakat enggan untuk meninggalkan kebiasaan merokok.

“Kondisi itu ditambah dengan iklan-iklan di media yang menganggap bahwa merokok adalah gaul, modern, dan jantan,” katanya.

(logiskemafmipaunpad.wordpress.com) Rokok yang sedang terbakar menghasilkan lebih dari 4000 zat kimia; banyak diantaranya yang bersifat toksik dan sekitar 40 menyebabkan kanker. Senyawa-senyawa ini tetap berada di udara sebagai asap tembakau yang dihirup oleh orang lain di kawasan tersebut.

Dari sekian banyak bahan kimia tersebut ada 3 jenis bahan kimia beracun yang paling mematikan di dalam asap rokok. Bahan tersebut adalah nikotin, tar dan karbon monoksida.

1. Nikotin (organisasi.org)

Pengaruh bagi tubuh manusia :
~ menyebabkan kecanduan / ketergantungan
~ merusak jaringan otak
~ menyebabkan darah cepat membeku
~ mengeraskan dinding arteri

2. Tar

Pengaruh bagi tubuh manusia :
~ membunuh sel dalam saluran darah
~ Meningkatkan produksi lendir diparu-paru
~ Menyebabkan kanker paru-paru

3. CO (Karbon Monoksida)

Pengaruh bagi tubuh manusia :
~ mengikat hemoglobin, sehingga tubuh kekurangan oksigen
~ menghalangi transportasi dalam darah

(logiskemafmipaunpad.wordpress.com) Selain itu, zat kimia lain yang sangat berbahaya di dalam rokok antara lain:
1. Ammonia : digunakan untuk meningkatkan tingkat absorpsi nikotin. Zat kimia ini adalah zat yang digunakan untuk membersihkan toilet.

2. Arsenik : digunakan sebagai pestisida tanaman tembakau. Zat kimia ini terus menempel pada tembakau yang sudah menjadi rokok. Arsenik juga digunakan untuk membunuh tikus.

3. Cadmium : campuran logam yang terdapat pada tembakau. Misal kita punya baterai yang sudah lemah maka kita bisa menggunakan Cadmium untuk me-recharge-nya.

4. Formaldehyde : terdapat pada asap rokok. Gas tak berwarna ini biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat.

5. Aseton : diproduksi dari hasil pembakaran rokok dan biasa digunakan untuk membersihkan toilet.

6. Butane : diproduksi dari korek api.

7. Propylene Glycol : digunakan pada rokok agar tetap kering. Dapat menambah kecepatan pengiriman nikotin untuk menghancurkan otak.

8. Turpentine : digunakan pada rokok menthol. Digunakan juga untuk melukis dan mempernis kayu.

9. Benzene : dihasilkan dari pembakaran rokok. Bisa ditemukan juga pada pestisida dan gasoline

10. Timah dan Nikel : Benar, ini adalah logam. Perlu penjelasan lebih lanjut?

11. > 3.987 zat kimia lainnya. . .


Responses

  1. wih serem bgt…..tapi herannya msh ja bnyak yang ngerokok n ama negara pabriknya msh dbolehn buka….hahahahahahahaha……pabrik narkoba ja ditutup masa pabrik rokok kga…kan sama2 bikin rusak badan………ckckckckckckc

  2. nice post…
    kunjungi ini ya..
    klik ini
    thanks


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: