Oleh: Burhan | September 5, 2010

KA Prameks Dilengkapi Gerbong Khusus Perempuan

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–PT Kereta Api (PT KA) Daerah Operasional (Daops) VI Yogyakarta melengkapi rangkaian Kereta Api (KA) Prambanan Ekspress (Prameks) tujuan Solo-Jogja-Kutoarjo dengan satu gerbong khusus untuk penumpang perempuan. Gerbong tersebut resmi diluncurkan mulai Sabtu (4/9).

Rangkaian KA tersebut diberangkatkan dari Stasiun Yogyakarta sekitar pukul 17.00 WIB dan diperkirakan tiba di Stasiun Purwosari sekitar pukul 18.00 WIB. Gerbong tersebut berkapasitas 106 penumpang. Penambahan gerbong tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan konsumen dalam bertransportasi.

“Tambahan gerbong ini merupakan respons dari PT KA atas permintaan masyarakat yang menghendaki adanya gerbong khusus perempuan,“ ujar Humas PT KA Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, saat dikonfirmasi, Sabtu kemarin. Untuk tahap awal peluncuran, Eko mengatakan pihaknya akan menujicobakan satu gerbong terlebih dahulu dalam rangkaian KA Prameks.

Dengan tambahan gerbong tersebut maka KA Prameks akan menarik lima gerbong regular dan satu gerbong khusus perempuan. “Gerbong khusus perempuan ini menampung 106 penumpang duduk, dan jika dengan penumpang berdiri maka gerbong tersebut bisa menampung sekitar 150 orang,” terangnya.

Dalam rangkaian KA Prameks, satu gerbong khusus perempuan akan ditempatkan paling depan atau paling belakang. Hal ini bertujuan agar penumpang merasa nyaman karena terhindar dari lalu-lalang penumpang lainnya.

Satu gerbong khusus tersebut, lanjut Eko, dibuat dengan aksen feminin. Pihaknya memberi warna-warna lembut pada gerbong dan dilengkapi beberapa ornamen. “Interiornya kami sesuaikan dengan nuansa feminisme. Di dalam gerbong ini juga akan ada beberapa petugas polisi khusus kereta api perempuan yang siap memberikan rasa aman bagi penumpang,” katanya.

Meskipun menyediakan gerbong khusus perempuan, Eko menegaskan PT KA Daops VI Yogyakarta tidak akan memberlakukan tarif khusus bagi penumpang perempuan yang akan menaiki gerbong tersebut. Harga tiket penumpang gerbong khusus perempuan sama dengan harga tiket gerbong reguler kereta Prameks, yakni Rp 9.000/orang untuk rute Solo-Jogja dan sebaliknya, rute Jogja-Kutoarjo dan sebaliknya.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: