Oleh: Burhan | Oktober 9, 2009

Topan Melor dg Kecepatan > 190 km/jam Terjang Jepang

Topan Melor Jepang

Topan Melor Jepang

TOKYO–Topan kuat yang menghantam Jepang, Kamis (8/10) dini hari telah menyebabkan tanah longsor di Jepang, merusak perumahan, melumpuhkan jalur transportasi, dan mengakibatkan setidaknya 18 jiwa terluka, demikian pernyataan petugas setempat seperti dikutip AFP.

Topan Melor menyerang prefektur Aichi yang terletak di Honshu, pulau utama di Jepang, sekitar pukul 5.00 waktu setempat. Petugas setempat menyatakan, topan ini berkecepatan 198 kilometer per jam dan datang bersama hujan lebat. Tayangan televisi menunjukkan dinding dan atap rumah berterbangan sementara pohon-pohon bertumbangan. Hal ini mengakibatkan jalanan menuju Aichi dan kota-kota di sekitarnya terputus.

“Kami telah memonitor bergeraknya hujan lebat yang terjadi sebelum subuh yang mengakibatkan permukaan jalan sepenuhnya terguyur air,” kata Naoki Matsui, petugas di prefektur Aichi. Di Aichi, sedikitnya tujuh penduduk menjadi korban. “Walaupun topan telah bergerak meninggalkan daerah kami, namun kami minta penduduk tetap waspada,” ucap Matsui.

Stasiun NHK menyebutkan, sekitar 18 korban terluka akibat angin kencang maupun hujan lebat di seantero Jepang akibat bencana ini. Selain itu, mereka menyebutkan setidaknya 9.000 penduduk dievakuasi ke tempat-tempat perlindungan untuk berjaga-jaga walau rumah mereka telah diperkuat untuk menghadapi bencana semacam ini.

Maskapai penerbangan Jepang berencana untuk menunda 310 penerbangan di seluruh bandara negara tersebut, sementara sebagian besar pemberangkatan kereta api di pusat Jepang ditunda. Sebelumnya, sekitar 10 ribu kepala keluarga di sebuah pulau Jepang selatan juga tak mendapat suplai listrik akibat Topan Melor.

Melor, yang berarti melati dalam bahasa Melayu, adalah bagian dari rangkaian topan kuat yang menghantam Asia beberapa pekan terakhir. Agustus lalu, Topan Etau menghantam Jepang dan menewaskan 25 korban. Sementara itu, Topan Ketsana, telah mengakibatkan kerusakan di berbagai penjuru Asia Tenggara terutama di Filipina dan Vietnam, serta menewaskan ratusan orang. Di Taiwan, lebih dari 600 jiwa tewas akibat Topan Morakot, Agustus lalu. Topan Tokage yang menghajar bagian barat Jepang pada 2004, pernah menewaskan 95 korban jiwa. (Republika, MediaIndonesia)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: