Oleh: Burhan | Juli 4, 2009

Pengangguran di Amerika dan Eropa makin tak Terelakkan

Optimisme akan ekonomi AS, pasar krusial bagi produk buatan AS, hancur setelah pemerintah AS mengatakan, 467.000 orang kehilangan pekerjaan pada Juni. Angka tersebut jauh lebih buruk dibanding angka 363.000 menurut prediksi ekonomi.

Angka tersebut menandai peningkatan pertama dalam pengurangan tenaga kerja sejak Januari, sekaligus mencetak tingkat pengangguran tertinggi sejak 1983, yakni sebesar 9,5 persen

Di lain pihak, Oracle yang berbasis di Prancis  akan memangkas 1000 pekerjanya di Eropa. Info ini digulirkan serikat pekerja terbesar di Prancis, CFDT

Oracle beralasan, PHK jadi tak terelakan sejak target pertumbuhannya tak tercapai. Perusahaan ini, kata serikat CFDT, perlu menyeimbangkan marjin operasionalnya untuk membiayai riset, inovasi, regulasi, dan pertumbuhan lewat akuisisi eksternal.

Sementara pada kuartal keempat laba bersih US$ 1,9 miliar yang diraih, mencerminkan penurunan tajam 7% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

850 sampai 1000 pekerja yang akan dirumahkan, berkisar 6% dari total seluruh pegawai Oracle di Eropa. CDFT sendiri memperkirakan, 250 di antaranya yang di-PHK merupakan pegawai Oracle di Prancis.

Kabar yang digulirkan CDFT ini belum resmi dikonfirmasi Oracle. Perusahaan TI raksasa ini menyatakan tak ingin masalah internalnya jadi santapan publik.

Januari lalu, staf Oracle sempat membocorkan rencana pemangkasan 10% pegawai keseluruhan. Rumor ini juga tak pernah resmi dikonfirmasi.

sumber: vivanews & detikinet


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: