Oleh: Burhan | Juli 3, 2009

California di Ambang Kebangkrutan, Semoga bisa Menjadi Pelajaran bagi Manusia

California selama ini dikenal sebagai tuan rumah pusat film bergengsi Hollywood sekaligus rumah bagi kaum jet set di Beverly Hills. Namun, ironisnya, kas pemerintah negara bagian berpenduduk terbanyak di Amerika Serikat (AS) itu kini di ambang kebangkrutan.

Kesulitan itu diumumkan sendiri oleh gubernurnya yang juga seorang aktor Hollywood, Arnold Schwarzenegger, Rabu siang 1 Juli 2009 waktu setempat.

Sambil mengumumkan California berada dalam status “darurat fiskal,” pemeran film Terminator itu juga memerintah penutupan kantor-kantor pemerintah selama tiga hari dalam sebulan. Tujuannya untuk menghemat pengeluaran pemerintah.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) California kini punya 45 hari untuk berembuk bersama Schwarzenegger untuk membicarakan keuangan pemerintah. Pasalnya, pada tahun fiskal 2008 yang berakhir bulan lalu, California kini menderita defisit anggaran sebesar US$24,3 miliar.

Jumlah itu bakal bertambah US$7 miliar karena parlemen belum juga mengesahkan program talangan darurat, Selasa 30 Juni 2009.

Bila DPRD gagal untuk bertindak dalam 45 hari ke depan, mereka tidak bisa menangguhkan atau membuat undang-undang lain hingga krisis itu bisa terselesaikan. Penutupan kantor-kantor pemerintah selama tiga hari dalam sebulan juga menambah hari libur 235.000 pegawai.

Namun, mereka juga harus mengalami pemotongan upah sekitar 14 persen. Saat ini California memulai tahun anggaran baru tanpa ada rencana anggaran belanja.

sumber:vivanews


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: