Oleh: Burhan | Juni 13, 2009

Prestasi, SMKN 7 Samarinda Siap Produksi/Assembly Ribuan Laptop

SAMARINDA, – Sebuah sekolah di Kaltim, yakni SMKN 7 Samarinda menyatakan siap memproduksi laptop secara massal. Laptop rakitan sendiri itu untuk memenuhi kebutuhan barang elektronik murah namun berkualitas kepada guru, pelajar, serta masyarakat umum di “Kota Tepian” pada 2010.Sekolah kami mendapat rekomendasi dan kewenangan untuk merakit laptop secara massal,” kata Kepala SMKN 7 Samarinda, Edih Rahmanuddin di Samarinda, Rabu (10/6). Melihat potensi dan kemampuan SMKN 7 tersebut, Dinas Pendidikan  (Disdik) Kota menyatakan dukungannya setelah melihat karya para pelajar di sekolah kejuruan negeri itu.

Realisasi dukungan pihak Disdik itu tercermin dari pengajuan anggaran sebesar Rp 600 juta dalam RAPBD 2010 Kota Samarinda yang dialokasikan untuk pengadaan 2.000 unit laptop dari SMKN 7. Pembelian ribuan alat eletronik terkait dengan program Disdik Samarinda untuk memberikan bantuan laptop secara gratis kepada guru-guru di kota berpenduduk sekitar 700.000 jiwa itu.

Pemberian bantuan laptop secara gratis untuk tahap awal ditujukan kepada 2.000 guru di Samarinda. Pembagian laptop yang akan juga dilengkapi dengan peralatan akses internet itu merupakan tindak lanjut dari sebuah wacana yang dilemparkan Mendiknas Bambang Sudibyo dalam kunjungan kerja ke Kaltim belum lama ini.

Pihak SMKN 7 kini sudah menyiapkan ruang yang akan digunakan untuk merakit laptop secara massal. Mengenai siswa dan guru pembimbing sudah siap melaksanakan program tersebut. “Semua siswa sudah siap, bahkan anak-anak ada yang mengaku tidak sabar lagi  ingin segera merakit laptop. Selama ini, kami sudah bisa merangkit laptop namun belum secara massal,” ujar dia.

SMKN 7 memiliki tiga jurusan kompetensi, yakni jurusan multimedia, jurusan rekayasa piranti lunak, serta jurusan teknik komputer dan jaringan.  “Total siswa SMKN kini mencapai 803 pelajar. Dari jumlah tersebut, 45 persen di antaranya mampu merakit laptop sehingga kami tidak khawatir untuk perakitan laptop secara massal,” imbuh dia.

Seorang siswa mampu menyelesaikan rakitan kurang dari dua jam sehingga pihaknya tidak akan kesulitan merakit ribuan laptop dalam waktu tidak terlalu lama. Edih juga mengaku bahwa ada perusahaan vendor komputer di Jakarta yang tertarik untuk melakukan kerja sama

“Antara pihak sekolah dan perusahaan tersebut sudah melakukan kontak. Kami menyatakan siap dan kini masih menunggu tindak lanjut untuk melakukan kerjasama,” katanya.

“Dalam kerjasama itu, pihak perusahaan berjanji bahwa SMKN 7 bukan saja diberi kepercayaan memproduksi (merakit) laptop namun juga mendukung pemasaran, khususnya bagi sekolah-sekolah di Samarinda,” kata Edih.

http://www.id.yahoo.news.com 11 June 2009

Sebagai bahan masukan adalah agar Perakitan tersebut dapat sesuai dengan Standard Assembly, karena kalau tidak maka kemungkinan Produktivitas dan Qualitas hasil assembly akan menjadi masalah di kemudian hari


Responses

  1. Selamat kalau memang SMKN7 Samarinda bisa marakit Laptop….moga ini bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi yang lain…sukses


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: